Sabtu, 27 Juli 2013

Cara Ampuh dan Mudah Berhenti Merokok

Para pecandu rokok biasanya akan kesulitan saat harus berhenti merokok, terlebih jika mereka telah kecanduan rokok selama bertahun-tahun. Jika seorang pecandu rokok tiba-tiba berhenti merokok secara sekaligus, biasanya mereka akan mendapat berbagai gejala seperti gelisah, susah tidur, dan mudah emosi. Hal ini tentu sangat menjadi masalah bagi mereka yang berniat untuk segera berhenti merokok, karena menyadari rokok tidak baik untuk kesehatan dan masa tua. Apakah anda mengalami masalah tersebut? Ingin berhenti merokok? Hal pertama yang harus anda miliki adalah tekad yang kuat dan bulat untuk berhenti merokok. Pikirkan baik-baik niat tersebut dengan matang, dan anda harus memiliki kesiapan fisik maupun mental yang cukup. Agar proses untuk berhenti merokok bisa berjalan dengan sukses, anda membutuhkan beberapa tips khusus cara berhenti merokok. Karena jika anda berhenti merokok secara sekaligus, hal tersebut akan mengganggu aktivitas karena bisa menyebabkan rasa cemas dan gelisah yang berlebih. Apa saja tipsnya? Silahkan simak di bawah ini

  
Cara Ampuh dan Mudah Berhenti Merokok
Cara Ampuh dan Mudah Berhenti Merokok

Tekad dan Niat Yang Kuat Untuk Berhenti Merokok.


Seperti yang telah dijelaskan bahwa hal pertama yang harus anda miliki adalah tekad yang kuat, dan kesiapan mental yang matang. Jika tekad anda masih setengah, bukan tidak mungkin proses berhenti merokok akan berakhir denga kegagalan. Untuk mengumpulkan tekad tersebut, anda bisa memulainya dengan mengingatkan pada diri sendiri bahwa merokok adalah aktivitas buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh, dan mengakibatkan masa tua anda tersiksa. Sudah punya tekad yang bulat? Silahkan masuk ke step selanjutnya.
 
Tinggalkan Rokok Secara Bertahap 
 
 

Ini adalah tahap yang sangat penting, bahkan bisa dikatakan sebagai kunci utama keberhasilan proses berhenti merokok yang anda lakukan. Anda harus mulai berhenti merokok secara bertahap dan melalui proses. Kenapa tidak berhenti sekaligus? Para ahli menyarankan agar proses berhenti merokok dilakukan secara bertahap, karena jika dilakukan secara sekaligus, akan terjadi berbagai gejala buruk seperti cemas, gelisah, dan mudah emosi. Sehingga pada akhirnya hal ini akan mengganggu segala aktivitas anda. Jika anda sehari biasanya menghisap satu bungkus rokok (12 Batang), kurangi hari esoknya dengan merokok 11 batang. Begitu seterusnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari gejala buruk yang bisa ditumbulkan dari proses berhenti merokok.

Kenali Kapan Waktu Merokok. 

Anda harus mengenali dulu waktu merokok anda. Jam berapa dan dalam situasi apa anda biasa menghisap rokok? Biasanya orang merokok pada saat santai dan sendirian. Jika anda biasanya merokok pagi, carilah aktivitas lain yang biasa dilakukan di pagi hari. Hal-hal yang bisa dilakukan misalnya dengan melakukan lari pagi, jogging, dan lain-lain. Hal ini bertujuan supaya anda lupa dan tidak mengingat rokok.  

Beralih Pada Rokok Murah. 

Jika biasanya anda membeli rokok mahal dengan kualitas bagus, cobalah beralih pada rokok yang murah dan tidak anda sukai. Jika itu dilakukan, bukan tidak mungkin anda akan merasa muak dan tidak berselera lagi untuk merokok.

 Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin sangat berpengaruh dan menentukan pada keberhasilan proses berhenti merokok. Usahakan olahraga secara rutin dan teratur. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, tapi cukup lakukan olahraga ringan seperti lari santai atau jogging.

Beri Tahu Keluarga dan Orang-Orang Terdekat

Saat anda berniat untuk berhenti merokok, sebaiknya informasikan niat tersebut pada keluarga dan orang-orang terdekat anda. Hal ini bertujuan untuk mendapat dukungan dari mereka, sehingga bisa membuat tekad anda semakin tinggi.

Bergaul Dengan Orang Yang Tidak Merokok

Tips yang terakhir adalah yang paling simple, namun terbukti ampuh dan efektif untuk berhenti merokok. Secara sederhana, jika anda ingin berhenti merokok, maka bergaulah dengan orang-orang yang tidak merokok. Namun bukan berarti orang yang merokok harus dijauhi. Hal ini hanyalah sementara, saat anda sedang melakukan proses berhenti merokok.


Itulah beberapa  Cara Ampuh dan Mudah Berhenti Merokok. Cara-cara di atas bisa anda lakukan untuk membantu proses berhenti merokok yang tengah anda jalani, agar anda tidak terlalu tersiksa dalam proses tersebut. Sebaiknya hindari proses berhenti merokok yang dilakukan secara sekaligus, karena hal tersebut bisa menyiksa anda. Mengapa begitu? Karena jika anda berhenti merokok secara sekaligus, tubuh anda otomatis belum siap, dan akan menimbulkan berbagai gejala buruk seperti cemas dan mudah emosi. Sebaiknya proses berhenti merokok dilakukan secara bertahap seperti beberapa tips berhenti merokok di atas. Semoga artikel cara mudah berhenti merokok di atas bisa bermanfaat dan membantu anda.

2 komentar: